Ketika hanya 1 kata untuk “Hidup”

Anda baru sadar hidup,maksudnya menyadari anda adalah manusia yang hidup butuh makan, minum, nafas dan kasih sayang sejak kapan?. Anda pasti lupa kapan bahkan mungkin sampai jam ini anda belum sadar kalau anda adalah makhluk hidup yang dihidupkan dengan tujuan apa. 

Aku juga lupa kapan aku mulai sadar, mungkin sejak aku diajarkan ibuku membaca : Ini Budi, Ini Ibu Budi, Ini Bapak Budi . Aku lantas sadar aku ada karena ada Bapak dan Ibu. Atau mungkin ilmu kehidupan aku dapatkan waktu aku mengaji di mesjid saat pak Ustadz menerangkan tentang Tuhan yang menciptakan kehidupan. 

Ya kehidupan tak bosan-bosan dibahas manusia sejak dulu kala. Bahkan sampai ada manusia yang mengaku sebagai Tuhan hingga manusia yang tidak setuju dengan gagasan adanya Tuhan yang menciptakan kehidupan. 

Manusia jaman sekarang sudah pada taraf pemahaman yang kompleks tentang Kehidupan. Kata orang dari jaman jahiliyah menuju jaman ilmiah. Orang jaman sekarang paham dan percaya petir tidak dikirim Dewa tapi karena tumbukan dua kekuatan awan yang berbeda. Dan orang jaman sekarang lebih percaya Google daripada Bibel. 

Orang jaman sekarang bisa disebut Relijius Teknologia atau menjadi Sekuler seutuhnya tanpa/percaya adanya Tuhan. 

Leave a Reply

