Nano Tech

Pencapaian teknologi manusia abad 21 telah sampai perekayasaan materi berskala mikro yang dahulu kala mungkin disebut ilmu sihir. Teknologi Nano telah berkembang pesat untuk mewujudkan segala keajaiban yang memudahkan hidup manusia. Dunia kini mulai dialiri produk-produk berbasis nano dan tak lama lagi akan membanjiri pasar dan mempengaruhi kebudayaan. Mulai pengering rambut yang sekaligus membasmi ketombe, plester penutup luka yang bisa merangsang pertumbuhan kulit sampai oli mesin yang mengandung molekul pintar supaya mesin awet. 

Para ahli rekayasa nano meramalkan sebelum abad 21  berakhir ,manusia sudah menikmati mobil yang bisa memperbaiki catnya sendiri apabila tergores dan ban yang menyesuaikan medan jalan.

Teknologi nano penggunaannya pun tidak hanya untuk rekayasa pengembangan material anorganik namun merambah pula pada materi organik.Para pakar menamakannya Bionanoteknologi,memadukan kecanggihan nano untuk perekayasaan bioteknologi di level gen atau sel makhluk hidup. Produk yang dihasilkan adalah varietas tanaman unggulan,terapi sel kanker dan lain-lain. Suatu saat fantasi manusia untuk menciptakan manusia bionik akan benar-benar terwujud dengan dibuatnya mesin-mesin berukuran nano yang bisa beradaptasi dengan tubuh manusia.

Pemanfaatan Teknologi nano dalam dunia farmasi dapat berperan dalam meningkatkan kualitas produksi dan keamanan.  Menurut pakar teknologi nano ITB, Prof. Dr. Heny Rachmawati dalam siaran persnya pada tahun 2011, “teknologi nano merupakan salah satu teknologi yang mampu mendorong pertumbuhan industri dan ekonomi di segala bidang, teknologi ini memungkinkan suatu produk dipecah menjadi skala nanometer atau sepermilyar meter. Produk yang berteknologi nano akan lebih cepat diserap sehingga dari segi penggunaan lebih efisien. Teknologi nano di bidang farmasi saat ini banyak digunakan untuk ekstrak obat-obatan tradisional seperti ginseng, juga kandungan kosmetik seperti krim tabir surya. Ginseng yang diolah teknologi nano mampu diserap tubuh dan menjadikan Ginsenosides (kandungan Ginseng untuk menghasilkan stamina) lebih tinggi dibanding ginseng lain”.

“Terkadang senyawa obat tertentu mengalami kesulitan untuk larut dan melakukan penetrasi. Di sinilah Teknologi nano dapat mengambil peranan,teknologi ini memungkin kan obat bekerja lebih efisien walau dengan dosis rendah”,jelas Heny. 

Penggunaan nanotech juga untuk meningkatkan serapan kandungan gizi makanan, Contohnya kandungan Kalsium dalam susu yang juga harus dibuat menggunakan teknologi nano agar dapat efektif terserap ke dalam tulang. 

Revolusi dahsyat di bidang farmasi dengan pemanfaatan teknologi nano untuk menciptakan obat berbasis gen atau sel bisa mengendalikan sel-sel kanker,bisa menolong menyembuhkan penyakit kanker yang susah diobati tanpa operasi. Vaksin-vaksin bisa dibuat untuk penyembuhan penyakit yang disebabkan bakteri atau virus yang kuat karena bermutasi. Pemanfaatan nanotech di bidang farmasi dan gizi bisa memanjangkan umur manusia.

Teknologi nano adalah penemuan terkini setelah sebelumnya dikenal dengan teknologi mikro untuk farmasi, makanan dan kosmetik. Teknologi ini bisa diterapkan untuk berbagai sektor industri. Mengingat untuk memproduksinya bukan hal yang mudah, membutuhkan keahlian, evaluasi, modifikasi, dan tentu infrastruktur yang mahal sehingga tercipta produk berskala nano. 

Manfaat teknologi nano memang membantu kualitas hidup manusia, namun di sisi lain manusia harus waspada agar kasus seperti bencana material nuklir tidak menimpa pula pada nano. Karena manusia belum pernah mengalami dampak yang serius dari teknologi nano. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s