Setor Iuran Rp 16.800/Bulan, Pekerja Informal Bisa Ikut BPJS Ketenagakerjaan

​Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terus membidik para pekerja informal. Salah satunya seperti yang dilakukan Kantor BPJS Cabang Cilincing, Jakarta Utara.

Kepala Kantor BPJS ketenagakerjaan Cilincing Jakarta Utara, Deni Yus Yulian, mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait program BPJS Ketenagakerjaan terhadap para pekerja informal, mulai dari pedagang, hingga pengemudi ojek online .

Menurut Deni, banyak keuntungan yang didapat pekerja informal dari mengikuti program tersebut.

“Jadi selama mereka bekerja, mulai dari rumah sampai tempat bekerja, kalau ada kecelakaan, nanti biaya kami tanggung 100%. Tanpa ada batasnya, dan kami siapkan Rumah Sakit pemerintah kamar kelas satu. Kalau meninggal karena kecelakaan kami berikan Rp 48 juta, lalu biaya pemakaman Rp 3 juta, dan biaya santunan pendidikan anak Rp 12 juta,” ungkap Deni kepada detikFinance , di Balai Yos Sudarso, Jakarta Utara, Sabtu (21/10/2016).

Selain itu, kata Deni, jika telah sembuh, maka BPJS Ketenagakerjaan akan mengganti biaya santunan sementara tidak mampu bekerja. “Jadi misalnya dia butuh istirahat dirawat di RS selama satu bulan. Nanti kita ganti biaya dia bekerja selama satu bulan, menyesuaikan penghasilannya,” terangnya.

Untuk mendapatkan fasilitas itu semua, Deni mengatakan, hanya dengan membayar iuran sebesar Rp 16.800 per bulan.

“Jadi cuma bayar sebesar itu, untuk dapat semua jaminan ini. Lalu dengan kurun waktu tidak lebih dari 14 hari kerja, langsung bisa mencairkan dana santunan tersebut, seperti santunan sementara tidak mampu bekerja, kematian, dan Jaminan Hari Tua (JHT),” tutur Deni.

Sumber : http://www.detik.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s