Bisakah Donald Trump diimpeachmen sebelum Pelantikan (inagurasi)

​sejak diumumkannya Donald Trump terpilih sebagai presiden AS berikutnya,publik yang marah sudah mulai mencari cara untuk mencegah dia memasuki kantor kepresidenannya.

Beberapa jam setelah hasil diumumkan,di mesin pencari Google melonjak kata “impeachment” diketikkan para pemakai internet dan setidaknya satu profesor hukum percaya mungkin ada cukup bukti mendakwa Trump untuk dugaan penipuan dan pemerasan.
Pasal II dari Konstitusi Amerika Serikat menyatakan bahwa presiden dapat diberhentikan jika mereka dihukum karena “pengkhianatan, penyuapan atau kejahatan berat lainnya dan ringan.” Menurut Mic, proses ini dimulai dengan Voting oleh DPR dan diikuti dengan uji coba impeachmen resmi di Senat.
Seperti diberitakan setelah Pemilu Presiden, Trump menghadapi sejumlah tuntutan hukum (LawSuits), termasuk satu dugaan penipuan yang melibatkan Trump University.Profesor hukum University of Utah Christopher Lewis Peterson mengaku sebelum pemilu ada pelanggaran hukum yang bisa dijadikan dasar mengimpeach Trump. 

“Atas tindakan ilegal Trump pada seminar-seminar yang diselenggarakannya,maka Hakim federal ditunjuk berdasarkan Pasal III dari Konstitusi AS untuk memutuskan dugaan tindakan penipuan Trump, jika benar merupakan penipuan dan pemerasan, “tulis Peterson dalam sebuah esai. [Sebelum pelantikan Trump] ,”maka Kongres sebaiknya berpegang teguh pada aturan bahwa seorang presiden yang dilantik bukanlah seorang penipu atau pemeras sebagaimana didefinisikan dalam konstitusi.”

Dalam Sejarah AS, dua presiden telah menjalani proses impeachment di DPR, yaitu Andrew Johnson dan Bill Clinton. Namun, Johnson dan Clinton dibebaskan oleh Senat dan tetap masuk kantor. Sementara itu, Richard Nixon mengundurkan diri pada 9 Agustus 1974 menjelang impeachment karena tersandung skandal Watergate.

.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s