Ini Penampakan Bumi Jika Dilihat dari Saturnus

​NASA baru saja merilis foto Bumi yang diambil dari planet Saturnus. Jarak Saturnus menuju Bumi adalah sejauh 870 juta mil, atau lebih dari satu miliar kilometer.

Melansir Metro pada Senin (24/4), dalam foto yang dirilis oleh NASA, Bumi hanya terlihat seperti titik kecil jika dilihat dari planet kedua terbesar di sitem tata surya kita tersebut. Sedangkan Bulan terlihat sebagai titik yang sangat kecil, yang hampir tidak terlihat.

Foto itu diketahui diambil oleh pesawat tanpa awak NASA, yakni Cassini. Pesawat tersebut diprediksi akan mendarat di planet yang terkenal dengan cincinnya tersebut pada pekan ini.

Cassini diketahui telah melewati bulan terbesar Saturnus untuk terakhir kalinya pada hari Sabtu. Pesawat itu akan melakukan serangkaian eksplorasi di dalam cincin planet ini, dan kemudian akan meledak setelah menembus atmosfer planet itu.

Setelah hampir 20 tahun melakukan perjalanan di luar angkasa, Cassini menggunakan tarikan gravitasi Titan, sebuah bulan yang menyerupai Bumi purba, untuk melemparkan dirinya ke orbit baru yang akan melewati wilayah yang belum dijelajahi antara puncak awan Saturnus dan cincinnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s