Departemen Kehakiman berpendapat Trump harus bisa menerima pembayaran dari pemerintah asing

​Departemen Kehakiman mengatakan bahwa Presiden AS Donald Trump tidak melanggar klausula emoluments, sebuah undang-undang dasar yang melarang pejabat federal untuk menerima pembayaran atau hadiah dari pemerintah asing tanpa persetujuan dari Kongres.

Klausul-klausul emoluments telah menjadi subyek perdebatan sejak sebelum Trump menjabat, sebagian karena kerajaan bisnis labirinnya yang oleh para pengawas dan kritikus mengatakan akan melibatkan Trump dalam perangkap konflik kepentingan sebagai presiden.
Pengacara DOJ berpendapat bahwa klausul emoluments tidak berlaku untuk transaksi komersial pasar biasa, seperti biaya yang dikeluarkan dari hotel dan keanggotaan klub golf, pembayaran lisensi, dan sewa kantor, Bloomberg melaporkan pada hari Jumat.
Sebelum dia menjabat, Trump menyatakan bisnisnya setiap tahun akan menyumbangkan keuntungan yang diterima dari pelanggan asing di hotelnya pada Departemen Keuangan AS. Organisasi Trump mengatakan awal tahun ini bahwa profit pertama akan datang pada bulan Maret 2018, menurut Politico.
Departemen Kehakiman meminta seorang hakim untuk menghentikan sebuah tuntutan hukum yang diajukan oleh beberapa penggugat, termasuk Warga Negara untuk Tanggung Jawab dan Etika di Washington (CREW), sebuah kelompok pengawas yang menuduh bisnis Trump menabrak Konstitusi.
“Penggugat membaca Klausul Emolument ini secara ekspansif untuk mencakup semua keuntungan yang diperoleh dari transaksi bisnis dengan instrumen asing, federal, atau negara di mana Presiden memiliki kepentingan finansial,” kata Departemen Kehakiman dalam sebuah memorandum. DOJ juga berpendapat bahwa Kongres yang dikuasai Republikan, bukan pengadilan, yang harus memutuskan apakah Trump melanggar klausul emoluments.
CREW mengajukan tuntutan terhadap Trump pada bulan Januari, menuduh bahwa diplomat asing dan pejabat dapat mencari bantuan Trump dengan menjadi patron Trump dalam jaringan bisnis. 
“Kami tidak ingin sampai ke titik ini,” kata Direktur Eksekutif CREW Noah Bookbinder dalam siaran pers Januari yang mengumumkan gugatan tersebut . “Itulah harapan kami agar Presiden Trump mengambil langkah yang diperlukan untuk menghindari pelanggaran Konstitusi sebelum dia menjabat.”

“Jika dia tidak menghentikan Pelanggaran konstitusionalnya dengan segera dan serius, maka kami terpaksa mengambil langkah hukum,” kata Bookbinder.

Lihat Link >>> http://www.businessinsider.com/did-trump-violate-emoluments-clause-2017-6

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s