Mengerikan, Jumlah Penderita TBC di Daerah Ini Terus Alami Peningkatan

​JawaPos.com – Jumlah pasien Tuberkulosis (TBC) RSUD dr Doris Sylvanus pun meningkat tiap bulannya. Berdasarkan data yang dimiliki pihak RS ini, selama tahun 2017 ada sebanyk 895 pasien. Rinciannya 740 pasien rawat jalan dan rawat inap 151 pasien.

“Jumlah tersebut tidak menunjukan jumlah se-Kalteng karena berdasarkan data pasien yang melakukan kunjungan ke Rumah Sakit kita saja,” terang Kabid Diklit Pengembangan SDM dan Humas RSUD dr Doris Sylanus Palangka Raya dr Theodorus S Atmaja MM, Senin (3/7) seperti dikutip dari Kalteng Pos (Jawa Pos Group).

Terpisah, dokter spesialis paru RSUD dr Doris Sylvanus dr Jeannete Sp.P mengatakan, TBC merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman mikrobakterium tuberkolosa dan dapat menyerang siapa saja.

Berita Terkait

Penderita TBC di Bogor Mencapai 17 Ribu Orang

Cara Pemprov DKI Perangi TBC

Adapun gejalanya, di antaranya penurunan berat badan, nafsu makan berkurang, batuk yang melebihi dua minggu dan selalu berkeringat saat malam hari. Gejala lainnya menurutnya, badan menjadi kurus, batuk berdarah, pembesaran kelenjar getah bening, sesak napas, gejalan kurang gisi berat serta beberapa gejala lain yang sering terjadi nanti.

Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)
Untuk mencegah meningkatnya penyakit TBC, adalah berpikir positif, pola makan minum yang baik, olahraga teratur, mendapatkan sinar matahari dan memperhatikan suhu ruangan.

Namun pada umumnya semua penyakit TBC bisa diatasi dengan baik dan hanya dilakukan dengan pengobatan. “Kalau tidak berobat dan dibiarkan menahun, maka akan berakibat fatal,” tukasnya.

Berikut Data Pasien TBC Tahun 2017

Rawat Inap:

Januari 26

Februari 43

Maret 28

April 22

Mei 32

Total 151

Rawat Jalan:

132

172

144

138

154

740

Sumber: RSUD dr Doris Sylvanus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s