Fakta Ilmiah Mengapa Anda Takut Melihat Foto Ini

Liputan6.com, Jakarta – Trypophobiadigambarkan sebagai ketakutan terhadap sekumpulan lingkaran atau lubang berbentuk tidak beraturan. Rasa geli dan jijik tersebut biasa timbul saat Anda melihat spon, sarang lebah, gelembung, dan lubang-lubang lainnya.

Psikolog dari Universitas Kent di Inggris percaya mereka telah menemukan penyebab dari kondisi tersebut. Menurut mereka, keengganan melihat hal tersebut timbul karena ketakutan terdalam manusia akan parasit dan penyakit.

Studi mereka tersebut diterbitkan dalam jurnal Cougnition and Emotion. Dalam kesimpulan tersebut, dipaparkan bahwa kondisi itu terkait dengan respons evolusioner untuk menghindari penyakit menular atau infeksi parasit.

Seperti yang mereka soroti, banyak infeksi mengerikan yang memerlukan pola melingkar dan lubang, seperti botflies, cacar, campak, rubela, tifus, demam scarlet, dan lainnya.

Melansir dari Iflscience, ini menjadi fakta tak terbantahkan banyak tanggapan jijik dan keengganan berasal dari fungsi evolusioner untuk menghindari sumber infeksi. Misalnya, banyak orang mual dengan darah dan bau busuk, yang berfungsi untuk mencegah mereka dari kemungkinan sumber penyakit.

Untuk penelitian tersebut, tim peneliti merekrut lebih dari 600 orang di mana setengahnya memiliki trypophobia dan setengahnya tanpa. Mereka kemudian diminta untuk melihat 16 gambar sekumpulan lubang dan menjawab sebuah kuesioner.

Delapan gambar adalah gambar yang berhubungan dengan bagian tubuh yang sakit, seperti ruam atau kutu, sementara delapan lainnya tidak memiliki relevansi dengan penyakit, seperti bekas lubang bor di dinding dan biji polong.

Delapan gambar yang berhubungan dengan penyakit memicu respons negatif di antara kedua kelompok tersebut. Namun, gambar yang tak terkait penyakit hanya memicu respon pada orang dengantrypophobia.

Mereka yang memiliki trypophobia juga melaporkan perasaan jijik, mual, atau keinginan untuk muntah saat melihat gambar tersebut. Mereka juga mengaku mengalami sensasi seperti kulit gatal, bulu kuduk merinding, atau sensasi serangga yang merayap di kulit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s